Berita

Kemenag Sumedang Gelar Bimbingan Hadapi MYRES 2024

Jumat, 15 Maret 2024 08:53 WIB
  • Share this on:

Jl. Kutamaya No. 25 (Humas Kab. Sumedang)

Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2024, Kantor Kemenag Kab. Sumedang menggelar acara bimbingan intensif bagi pembimbing peserta MYRES. 

Kegiatan berlangsung di Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kemenag Kab. Sumedang pada Kamis (14/03/2024) dan diikuti oleh 97 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kabupaten Sumedang.

MYRES, dikatakan Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Suwarno, merupakan kompetisi penulisan penelitian ilmiah bertaraf nasional untuk jenjang MTs dan MA, bertujuan untuk menyiapkan dan mencetak kader-kader peneliti muda dari kalangan pelajar madrasah. 

Dalam kompetisi ini, lanjutnya, prestasi madrasah di Sumedang masih perlu ditingkatkan. Ia mengakui bahwa meskipun pernah ada peserta dari Sumedang yang mencapai tingkat nasional pada tahun 2022, masih perlu banyak usaha untuk meningkatkan jumlah juara MYRES dari Sumedang.

“Bimbingan pembimbing peserta MYRES 2024 diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM guru pembimbing dalam menyusun proposal penelitian yang baik,” terang Suwarno.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Sumedang, H. Hamzah Rukmana, yang membuka acara tersebut, menekankan pentingnya prestasi untuk madrasah-madrasah di Sumedang.

“Saya tegaskan hukumnya wajib bagi madrasah-madrasah yang ada di bawah naungan Kemenag Sumedang untuk breprestasi,” tandasnya.

Pada acara bimbingan tersebut, Prof. Dr. H. Chaerul Rochman, M.Pd., CIQaR, Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, diundang sebagai narasumber. Ia membagikan tips dan strategi untuk sukses dalam kompetisi MYRES, mulai dari penulisan proposal yang sesuai dengan Juknis MYRES, hingga workshop praktis tentang cara membuat proposal penelitian yang baik.

Kontributor:
Drs. Suwarno
Penulis:
Eida Muty Mulyasih
Fotografer:
Supiyan

Gallery

  • -
  • -
  • Kegiatan Pembinaan Peningkatan Profesionalitas Pengawas PAI (Rabu, 7 Des. 2022)
  • Kepala Kantor, H Jajang Apipudin, M.Ag, Melantik Para Pejabat (Kepala MAN,MTsN dan MIN) Jum’at, 07 Januari 2022
  • Sampaikan Donasi dari Keluarga Besar Kemenag Kab. Sumedang, Kepala Kantor dan Tim Kunjungi Posko Peduli Bencana Cianjur